August 21, 2018
Instalasi Suku Cadang

Apa Sih Fungsi Stabilizer Bar Pada Mobil? Dan Apa Saja Jenisnya?

Jakarta, BeliOnderdil.comDi zaman yang semakin berkembang ini, trend piranti mobil balap telah banyak digunakan oleh pengguna mobil untuk beraktivitas sehari-hari, akhirnya parts stabilizer tambahan juga banyak digunakan secara umum. Stabilizer tambahan ini menjadi salah satu cara untuk membuat handling kendaraan terasa lebih stabil dan tidak mudah lepas kontrol, khususnya saat berjalan dalam kecepatan tinggi dan menikung secara tajam, traksi ban pun lebih meningkat. Stabilizer Bar mempunyai fungsi untuk mengurangi kemiringan mobil yang disebabkan oleh gaya sentrifugal ketika mobil membelok. Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan traksi ban terhadap jalan.

Stabilizer bar merupakan salah satu komponen sistem suspensi, walaupun tidak semua kendaraan atau mobil memiliki stabilizer bar ini.

 

Lalu, apa sih fungsi sebenarnya dari stabilizer bar tersebut? Yuk! Simak ulasan mengenai fungsi sekaligus cara kerja singkat dari komponen yang satu ini.

 

Yang namanya stabilizer pasti digunakan sebagai pen-stabil, tetapi pen-stabil pada saat apa dan mengapa perlu distabilkan? Sebenarnya parts standar yang terdapat pada kaki-kaki mobil seperti sokbreaker, per, dan sebagainya termasuk dalam golongan stabilizer, karena tugasnya memang untuk meredam getaran dari roda agar kendaraan lebih stabil saat melaju dan bermanuver.

 

 

Pada sistem suspensi depan, stabilizer bar ini biasanya dipasang pada kedua lower arm melalui bantalan karet dan linkage. Pada bagian tengah di ikat ke frame atau body pada dua tempat melalui bushing. Nah! Kemudian bagaimana cara kerja dari stabilizer bar?

 

Cara kerja stabilizer bar adalah ketika roda kanan dan kiri bergerak ke atas dan ke bawah secara bersamaan dengan arah dan jarak yang sama, stabilizer bar harus tidak ada puntiran. Pada umumnya ketika mobil membelok baik ke kanan maupun ke kiri, pegas rod bagian luar (yaitu Outer Spring) tertekan dan pegas roda bagian dalam (Inner) mengembang. Akibatnya stabilizer bar akan terpuntir karena salah satu ujungnya tertekan ke atas sedangkan ujung yang lain bergerak ke bawah. Stabilizer bar akan cenderung menahan terhadap puntiran. Tahanan terhadap puntiran ini berfungsi mengurangi body roll dan memelihara body kendaraan dalam batas kemiringan yang aman.

Lalu, apa saja jenis stabilizer bar?

 

  • Sway Bar
    Sway Bar biasanya memakai besi panjang yang disesuaikan dengan jenis serta lebar mobil kemudian dipasang pada bagian bawah (dikaitkan pada sasis dan suspensi). Sway bar umum digunakan pada setiap kendaraan, baik kendaraan harian atau kendaraan balap, bahkan produsen mobil saat ini telah menggunakannya sebagai part original.

Sway bar ini memiliki memiliki dua fungsi yaitu :

  1. Memberikan sandaran / menstabilkan antara suspensi dengan sasis
  2. Memberikan perlakuan lebih / meminimalisir gejala body terbuang terhadap understeer (pengereman yang menyimpang saat melintasi tikungan)

Penggunaan sway bar ditujukan untuk mengurangi gejala limbung atau body roll pada mobil, karena besi yang dikaitkan antara suspensi dengan sasis memberikan penguatan lebih terhadap bodi kepada sasis atau sebaliknya, sehingga saat berjalan kencang mobil menjadi stabil dan pengendalian mobil terasa lebih mantap.

 

  • Strut Bar
    Strut bar biasanya adalah produk aftermarket yang biasa dijual terpisah dengan sway bar. Biasanya digunakan untuk balapan, tetapi pada produk tertentu dibuat untuk kendaraan harian. Strut bar ini dipasang di atas melintasi mesin mobil yang tersambung pada kaki-kaki depan mobil (biasanya digunakan mobil yang memiliki mesin di depan).

Strut bar dapat meningkatkan kestabilan dan akurasi pengendalian kendaraan, karena dapat mengurangi gejala peregangan di badan mobil dan membuat daya cengkeram ban terasa berlimpah terutama pada saat menikung di kecepatan tinggi. Namun karena berkurangnya daya regang di badan mobil, faktor kenyamanan pun sedikit berkurang.

 

Nah! Sudah lebih faham kan tentang fungsi stabilizer bar dan juga jenis-jenis nya? Semoga bermanfaat ya.

 

©mobilupdate.net

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *