May 26, 2018
Oto Tips

10 Modifikasi Ringan Untuk Mobil

Pemasangan kaca film merupakan salah satu cara memodifikasi mobil © Shutterstock

Pemasangan kaca film merupakan salah satu cara memodifikasi mobil © Shutterstock

Mobil yang memiliki look atau tampilan yang menarik, stylish dan modern, merupakan idaman dan impian semua pengendara. Namun, jangan jadikan look yang Anda idamkan hanya sebagai impian belaka. Jika Anda ingin memaksimalkan penampilan kendaraan Anda, ikuti 10 langkah mudah dari Blog BeliOnderdil khusus untuk Anda. Apa saja langkah untuk memodifikasi mobil? Check this out! 

  1. Kaca Film

Pemasangan kaca film yang baik dapat mengurangi radiasi ultraviolet yang masuk ke dalam mobil sehingga suhu mobil tetap dingin dan penghuni kabin pun tidak merasa silau akibat pancaran sinar matahari. Pemasangan kaca film juga membuat tampilan mobil lebih optimal. Kaca film juga berfungsi dalam hal keamanan, dimana keamanan barang-barang berharga di dalam mobil tentu dapat terjaga karena tidak terlihat dari arah luar. Perlu diperhatikan bahwa pemasangan kaca film tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena dapat berdampak buruk. Seperti, terganggunya pandangan ketika berkendara, tidak tersaringnya sinar matahari yang panas dan penampilan kaca mobil juga tidak akan maksimal jika kaca film dipasang sembarangan, karena akan timbulnya gelembung-gelembung tidak rata pada kaca mobil.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin melakukan pemasangan kaca film, diantaranya ialah :

  • Kualitas kaca film
  • Merek kaca film
  • Tingkat visible light
  • Spesifikasi kaca film
  • Kekuatan kaca film ketika kaca pecah
  1. Audio dan video mobil

Audio 1

Car Audio ©supercheapauto

Langkah selanjutnya untuk memaksimalkan penampilan mobil Anda adalah dengan meng-upgrade audio mobil Anda.  Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengganti sound system (speaker) dengan yang lebih bagus yang beraliran SQ (Sound Quality) agar lebih nyaman saat berkendara. Apabila Anda pemilik mobil lawas yang masih memakai kaset, modifikasi dapat dilakukan dengan mengganti sistem audio terbaru yang mendukung format mp3 juga mp4, penambahan monitor layar sentuh juga boleh Anda lakukan agar mobil terlihat lebih berkelas.

  1. Velg

Jika mobil masih memakai velg besi atau bawaan standar maka tampilan mobil menjadi kurang bagus. Anda dapat menggantinya dengan velg alloy (alumunium) dengan desain pilar yang disukai namun perhatikan pula kualitas dari velg tersebut. Velg alloy ini memiliki spesifikasi yang menguntungkan, selain bagus dan dapat mempercantik tampilan mobil, velg satu ini juga dapat membuat mobil melaju lebih stabil pada kecepatan tinggi.

  1. Ban
ECO tire

Ban ECO ©bridgestone

Mengganti ban juga merupakan langkah penting dalam memaksimalkan kendaraan, ban yang besar memiliki ketangguhan melintasi berbagai medan (kondisi jalan) meskipun pengonsumsian BBM terbilang lebih boros, sedangkan ban tertentu seperti ban ECO lebih hemat BBM jika digunakan meskipun penggunaannya terbatas pada jalan aspal atau jalan yang rusak.

Mengganti ban ini erat kaitannya dengan kebutuhan pengemudi atau pemilik mobil, jika mobil sering melewati jalan naik turun dengan track cukup berat seperti berbatu dan non aspal maka dapat memakai ban pacul atau kembang yang kasar. Jika mobil sering melalui jalan perkotaan dan jarang melewati jalan yang rusak, penggunaan ban ECO merupakan solusi terbaik.

  1. Klakson

Mobil dengan klakson single memiliki karakter suara yang kurang enak di dengar. Klakson single dapat diganti dengan klakson ganda yang tersedia di pasaran sehingga suara lebih enak didengar dan terdengar lebih mewah. Tetapi janganlah menggunakan klakson dengan suara  yang terlalu keras karena akan mengganggu pengemudi mobil lain.

  1. Sistem Navigasi

Saat ini sistem navigasi berbasis GPS (Global Positioning System), jika dulu memakai kompas dan peta maka sekarang sudah memakai perangkat elektronik dengan koneksi satelit untuk menentukan posisi dimana Anda berada dengan menggunakan tampilan peta digital (Maps) untuk visualisasinya.

Nah jika mobil belum dilengkapi GPS maka Anda dapat melengkapinya dengan membeli GPS Navigation yang tersedia di toko onderdil manapun. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang terbilang tidak murah tersebut, Anda dapat memanfaatkan handphone berbasis android yang dilengkapi dengan fitur GPS.

  1. Kamera atau Sensor Parkir 
    Car sensor camera

    Kamera Sensor ©everafterguide

Pengaplikasian sensor parkir dalam kendaraan tentu penting untuk Anda lakukan. Sensor parkir ini berfungsi untuk memberitahukan pengendara ketika memundurkan mobil, apabila terdapat benda di belakang mobil maka sensor akan menyala. Pemasangan kamera parkir juga dapat dilakukan agar Anda dapat melihat dengan akurat keadaan di sekitar ketika mobil berjalan mundur.

8.Roof Rail/ Roof Box/ Roof Rack

Roof Rail/ Roof Box/ Roof Rack, ketiganya memang hampir mirip karena fungsinya yang sama yakni untuk membawa barang di atas atap mobil, perbedaannya hanya pada bentuknya. Roof Rail adalah semacam rail yang ditempatkan di atap mobil. Pada roof rail ini nantinya bisa ditempatkan roof box. 

Roof BOX

Roof Box ©carbox.co.uk

Roof Rack adalah besi/ logam lain yang bentuknya menyerupai rack dan diletakkan di atap mobil (biasanya untuk mobil-mobil offroad). Roof rack ini efektif di perjalanan jauh dengan medan yang tidak rata, mobil-mobil yang dipasangi roof rack biasanya mobil offroad yang memiliki bodi kuat.

Roof Box ini semacam kotak berbentuk kapsul yang biasanya dipasang di atap mobil (dikaitkan dengan roof rail), gunanya untuk membawa barang-barang seperti baju, tas, dan peralatan lainnya. Roof Box ini efektif dipakai di jalan aspal dan untuk perjalanan jauh dengan membawa banyak barang. Pemasangan roof box disesuaikan dengan jenis mobil dan kekuatan atap mobil, roof box juga memiliki batasan beban maksimum, Roof Box ini biasanya dipasang pada mobil-mobil MPV.

  1. Charger untuk gadget

Charger untuk gadget ini tentunya dapat memudahkan Anda untuk menambah daya baterai ponsel yang dimiliki.

  1. Spoiler

Spoiler yang baik adalah bawaan pabrikan karena bisa meningkatkan stabilitas mobil saat melaju pada kecepatan tinggi, spoiler ini juga menambah modis penampilan mobil. Lantas apakah boleh memakai spoiler aftermarket?

RC_Car_Spoiler.17

Spoiler ©paper2parts.com

boleh saja meskipun fungsinya tidak akan sama dengan spoiler asli pabrikan, spoiler aftermarket lebih merujuk pada gaya dan untuk mengurangi terik sinar matahari, sedangkan spoiler bawaan mobil bisa berfungsi untuk membuat mobil lebih stabil.


Itulah 10 langkah modifikasi dari Blog BeliOnderdil, nantikan tips lainnya yang selalu kami berikan dan kunjungi BeliOnderdil untuk mendapatkan auto-parts terbaik untuk memodifikasi mobil Anda.

© Mobilku.org

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *